Minggu, 04 Januari 2009

Select a particular market sector and assess the past, current and future customer use of the internet as a medium to select and buy product

Produk elektronik adalah produk yang memiliki umur ekonomis yang pendek karena dengan erntang waktu yang tidak terlalu lama produsen akan mengeluarkan produk baru yanglebih baik dari produk yang sudah ada pada saat ini. Penjualan produk elektronik sangat besar karena mencakup semua segmen konsumen yang ada. Dengan meluasnya penggunaan internet saat ini telah bermunculan website-website yang menjual produk-produk elektronik dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan kepada calon konsumennya.


Past

Pada masa lalu apabila konsumen ingin membeli alat-alat elektronik maka konsumen tersebut harus mendatangi toko elektronik untuk melihat-lihat barang elektronik yang ia inginkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Pada toko tersebut konsumen tadi akan membanding antara merek yang satu dan lainnya sebelum akhirnya memutuskan pilihannya pada suatu merek yang menurutnya lebih baik dibandingkan dengan merek lainnya baik dalam segi harga, kualitas, dan service yang diberikan. Beberapa konsumen bahkan akan pergi ke glodok atau mangga dua karena mereka berpikir harga di sana akan lebih murah untuk barang yang sama dibandingkan mereka membeli di toko elektronik yang ada di mal-mal.

Current

Dengan berkembangnya jaringan internet secara luas pada saat ini maka telah bermunculan website-website yang menjual peralatan elektronik dengan jenis barang yang dijual cukup lengkap sehingga konsumen dapat dengan mudah mencari barang yang mereka inginkan tanpa harus membuang waktu untuk pergi ke toko. Saat ini telah banyak website yang memberikan pelayanan yang hampir sama dengan toko yang ada fisiknya. Website-website tersebut seperti bhineka.com dan glodokshop,com berusaha memberikan pelayanan yang hampir sama dengan toko-toko yang ada. Selain website sebenarnya bhineka juga mempunyai toko yang ada secara fisik, namun jenis barang yang ditampilkan tidak selengkap yang ada pada website mereka. Hal ini juga menunjukan kelebihan dari website, penjual dapat menampilkan seluruh barang dagangannya karena tidak terbatas oleh ruang dan mereka dapat menyesuaikan kapasitas websitenya sesuai dengan kapasitas yang diperlukan untuk menampilkan barang dagangannya tersebut. Selain itu kelengkapan dari barang yang dijual pada website tersebut juga sangat lengkap sehingga memudahkan konsumen untuk memilih produk yang dinginkan dan membandingkannya langsung dengan merek lain hanya dengan mengakses menu yang terdapat pada website. Keunggulan lain dari website adalah website dapat dengan mudah diakses oleh konsumen karena konsumen cukup mengakses internet untuk mengunjungi website dan hal tersebut dapat dilakukan dimana saja. Hal itu juga menjadi sarana promosi yang efektif kepada konsumen karena informasi tentang produk terbaru, program sales, dan informasi-informasi lainnya terkait pejualan produk dalam ditampilkan pada website. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit dan barang akan dikirim dengan batas batas waktu yang sudah ditentukan.

Future

Dengan semakin meluasnya penggunaan internet maka website seperti ini dapat lebih memaksimalkan keuntungannya dengan cara menambahkan service yang selama ini hanya ada atau bahkan belum ada pada toko. Keamanan dalam pembayaran juga menjadi hal yang perlu diutamakan dimana kejahatan yang terjadi pada penggunaan kartu kredit untuk pembayaran melalui internet merupakan hal yang paling sering terjadi. Penjual harus dapat memastikan keselamatan konsumennya dalam bertransaksi pada website mereka agar penjual memperoleh kepercayaan konsumen secara menyeluruh. Website tersebut dapat juga digunakan sebagai media interaksi antara penjual dan pembeli dalam hal memberikan service purna jual dan sebagai sarana CRM kepada konsumennya.

Dengan segala keunggulannya maka website seperti ini akan menjadi pilihan utama bagi konsumen yang hendak mencari produk elektronik karena kosumen dapar dengan leluasa memilih produk yang mereka inginkan tanpa harus membuang waktu pergi ke toko elektronik.

Tidak ada komentar: