Selasa, 02 Desember 2008

Website Development for Small Retailer

Ada banyak langkah yang dapat diambil untuk small retailer untuk memulai usaha secara online, langkah tersebut yang nantinya akan menentukan besarnya biaya start up dan kearah mana perusahaan akan melangkah dalam mengembangkan usahanya.

Step 1. Design the Website
Pada saat ini kita melakukan perencanaan mengenai apa yang akan kita tampilkan pada website. Sebagai perusahaan small retailer yang pastinya tidak mempunyai modal yang besar desain sebuah website sangatlah penting, desain sederhana namun konten (harga, jenis barang, dll) yang diberikan haruslah jelas dalam menggambarkan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Pada website tersebut juga dapat menempatkan link kepada suplier untuk mempermudah kita mengontrol tingkat persediaan yang kita miliki.

Step 2. Making the Website
Pada saat ini perusahaan dapat memilih berbagai alternative yang ada dalam membuat website mereka. Beberapa alternative yang dapat diberikan dalam membuat website adalah sbb :
Membangun website dengan the-shelf shopping cart
Terdapat banyak paket yang ditawarkan oleh beberapa developer website agar perusahaan dapat membangun website yang mereka inginkan sendiri dengan biaya sesuai budget perusahaan.
Menggunakan desainer pemula/lepas untuk membuat website
Hal ini tentunya dapat menghasilkan website yang lebih baik dengan biaya yang lebih murah namun hal itu semuanya ditentukan oleh keahlian desainer tadi.
Menggunakan Tenaga proffesional untuk membuat website
Hal in tentunya akan memakan biaya yang lebih besar namun bila perusahaan mempunyai biaya untuk itu, hal tersebut akan sangat berguna bagi perusahaan di masa depan.

Step 3. How to promote the Website
Cara yang paling mudah dalam mempromosikan website dengan cara yang murah adalah dengan memasang template pada situs – situs yang telah dikenal oleh orang banyak seperti : Yahoo! Store, Excite Freetailer, Amazon zShop, dll. Hal ini tentunya akan membuat perusahaan kita terikat perjanjian dengan situs – situs tersebut namun untuk jangka waktu yang pendek cara tersebut sangat efektif untuk mempromosikan website kita.

Dari sisi manajemen perusahaan tentunya akan ada perubahan yang terjadi. Website akan membutuhkan perawatan yang ekstra dimana suatu website perlu dimaintain info, keamanan, aplikasi, dll sehingga perusahaan tersebut perlu menambah pegawai di bidang IT (bila awalnya tidak ada) atau membuat suatu divisi khusus untuk IT. Selain itu perusahaan harus dapat membedakan antara penjualan online dengan penjualan secara konvensional dimana keberadaan stock barang sangatlah penting dan harus selalu di jaga sehingga konsumen dapat terjaga tingkat kesetiaannya.

Tidak ada komentar: